yang menyebabkan min/plus mata kita bertambah/berkurang

sekali lagi saya katakan bahwa kacamata tidak membuat min/plus kita jadi bertambah (naik) atau berkurang (turun). kacamata hanya alat bantu penglihatan agar lebih jelas atau nyaman. yang menyebabkan bertambah atau berkurangnya min/plus kita adalah kebiasaan kita sendiri. contohnya adalah baca sambil tiduran, nonton tv terlalu dekat (kurang dari 2 meter), cahaya yang kurang/berlebihan, atau arah cahaya yang salah waktu membaca. kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat menyebabkan orang yang bermata normalpun bisa jadi min/plus. sering memakai kacamatapun bisa menyebabkan min/plusnya bertambah jika pemakaiannya tidak sesuai setelan. yang saya maksud setelan adalah posisi standar atau aktual kacamata menurut anatomi kepala kita. misalnya kacamata sering melorot (turun) dari hidung, posisi lensa kanan dan kiri miring atau tidak sejajar, lensanya terlalu dekat dengan mata sehingga menyentuh bulu mata atau terlalu jauh dari mata. setelan yang tidak pas itu menyebabkan fokus lensa tidak pas dengan pupil (titik tengah) mata kita. inilah yang menyebabkan koreksi mata kita cenderung naik.
lalu bagaimana agar tidak cenderung naik atau bahkan bisa berkurang?
jika koreksi mata anda adalah minus satu (-1.00) lalu anda ingin minnya berkurang. sebenarnya, bisa bertahan saja (tetap -1.00) sudah baik apalagi kalau bisa berkurang. kenyataanya kebanyakan orang justru min/ plusnya malah bertambah setelah 6 bulan berikutnya. karena kebiasaannya itu, seperti yang saya sebutkan di atas. saran saya, agar bisa bertahan/tidak cenderung naik adalah dengan menjaga kebiasaan-kebiasaan baik seperti:
  1. menonton tv dalam jarak tidak kurang dari 2 meter.
  2. membaca dalam jarak 35-45 cm, dan arah cahaya baca diatur sedemikian rupa agar datang dari belakang kepala kita ke buku atau hanya mengarah ke buku. dengan cahaya putih (lampu neon) 10 watt lebih baik daripada dengan cahaya kuning (lampu pijar) 25 watt.
  3. jangan baca sambil tiduran.
  4. jika anda menggunakan komputer, istirahatkan mata anda dengan melihat pemandangan atau mengalihkan ke arah lain setiap 15 menitan.
  5. berikan olahraga mata setiap kali anda perlukan. (pembahasan tentang olahraga mata lihat posting: Olahraga mata)
  6. usahakan setelannya pas atau posisi kacamata anda stabil, tidak sering melorot/ turun atau miring. hal ini untuk memastikan bahwa titik fokus lensanya tepat dengan titk fokus mata kita. fokus yang tidak pas biasanya akan menyebabkan kepala kita jadi pusing dan penglihatan tidak nyaman dan kurang jelas. jadi, jika ada masalah dengan hal setelan kacamata anda, silakan minta setelkan pada ahlinya, karena jika sembarang setel, selain bisa mengakibatkan bingkainya patah, juga malah bisa membuat semakin tidak nyaman saat dipakai.
  7. untuk mengurangi min/plus, biasanya saya menyarankan apa yang biasa dokter mata sarankan, yaitu dengan mengonsumsi sayur atau buah yang mengandung betacaroten. biasanya banyak terdapat pada buah wortel dan sayur bayam. tapi, kebanyakan orang yang sudah ada koreksi min/ plusnya, dengannya bisa berkurang sedikit sekitar +/-0.25 s/d +/-0.75. jadi jika anda -5.00 misalnya, dengan rajin mengkonsumsi sayur/ buah tsb. mungkin bisa berkurang jadi -4.25 s/d -4.75. untuk menjadi normal kembali adalah dengan operasi. (nanti akan saya bahas tentang operasi lasik untuk mata).
  8. untuk anak-anak seusia SD, terutama yang ada ukuran silinder masih dibawah silinder -2.00, sebaiknya kacamatanya digunakan sewaktu-waktu saja. misal saat belajar, nonton tv atau main komputer. kenapa? karena anak-anak dibawah 13 tahun daya akomodasinya atau otot motorik pada matanya masih bagus dan masih ada perkembangan. sehingga ada kemungkinan menjadi normal kembali apalagi jika dibantu dengan vitamin-vitamin yang baik untuk mata.
  9. untuk anak balita (dibawah lima tahun) sebenarnya ukuran s/d + 5.00 masih bisa dianggap normal dan tidak perlu pakai kacamata, karena usia segitu akomodasi mata masih sangat kuat dan bagus. lain untuk ukuran yang minus, itu wajib pakai kacamata.
  10. jangan sering lepas-pakai-lepas-pakai kacamata. karena hal ini dapat mengganggu daya akomodasi mata kita. mata adalah indera yang sensitif dan adaptif. mata akan beradaptasi dengan ukuran kacamata yang kita pakai. saat kita pakai kacamata -1.00 maka mata kita akan beradaptasi dengan -1.00 tersebut agar akomodasi mata kita benar-benar mencapai +1.00 ( berdasarkan hitungan sederhana -1.00 (buram) +1.00 (akomodasi)= 0 = jelas) . saat kita lepas kacamata maka mata akan menyesuaikan diri dengan keadaan tanpa kacamata. jadi kalo anda sering lepas-pakai kacamata, silakan cek mata anda 3 bulan berikutnya, saya jamin pasti ukurannya bertambah.

untuk saat ini mungkin baru sepuluh poin yang dapat saya sampaikan. sebenarnya sepuluh poin tersebut masih bisa saya jabarkan lagi. tapi sabar ya... semuanya akan saya jabarkan pada posting-posting berikutnya.